Spesifikasi Fortuner 2.8 GR Sport yang Diklaim Jadi SUV Paling Tangguh

Posted on

Toyota Fortuner 2.8 GR Sport menjelma menjadi primadona sejak peluncuran perdananya pada 2022. Ini karena tipe 2.8 GR Sport hadir dengan membawa beragam keunggulan yang belum pernah ada di versi sebelumnya. Penasaran seperti apa daya tariknya? Langsung saja kita ulas secara lengkap spesifikasi Fortuner 2.8 GR Sport dalam artikel berikut.

Spesifikasi Fortuner 2.8 GR Sport yang Diklaim Jadi SUV Paling Tangguh
GridOto

Mengenal Lebih Detail Spesifikasi Fortuner 2.8 GR Sport

Awal tahun 2022 silam, PT Toyota Astra Motor menggebrak pasaran otomotif dengan merilis Fortuner GR Sport. Menariknya, kendaraan roda empat pabrikan Jepang tersebut langsung merajai segmen mobil SUV. Bahkan mampu menggeser eksistensi Pajero Sport yang saat itu menjadi idola baru.

Salah satu pertimbangan mengapa mobil ini sangat menarik adalah desainnya yang tangguh dan gagah. Bagaimana tidak, eksterior depannya dilengkapi dengan Dauntless New Front Bumper Spoiler & Grille. Tak lupa lampu LED Head Lamp & Fog Lamp yang memberikan kesan elegan sekaligus sporty.

Tepat di sisi samping, Fortuner 2.8 GR Sport mengadopsi aksen racing yang semakin menonjolkan aura gahar. Sementara di bagian belakang terdapat New Elegant Rear Bumper Spoiler super kokoh. Bumper ini sudah lengkap dengan New GR Grade Emblem untuk 4×4 GR Sport.

Tak sampai di situ saja, kehadiran New Dashing Alloy Wheel pada bagian ban menciptakan look yang kian memukau. Ban tersebut melingkar sempurna dengan velg berukuran 18 inch. Terlihat sangat siap melibas berbagai medan.

Performa Mesin Memuaskan

Keunggulan spesifikasi Fortuner 2.8 GR Sport berikutnya dapat kita amati dari segi mesinnya. Untuk menghasilkan tenaga memuaskan, Fortuner GR Sport mengandalkan mesin diesel 2.8 liter 4-silinder.

Mesin ini mampu menyumbang tenaga mencapai 201.1 HP pada putaran 3.000 sampai 4000 rpm. Sementara torsi puncaknya 499.1 Nm di angka 1.600 hingga 2.800 rpm. Jauh lebih unggul dari Pajero yang hanya memiliki tenaga 181 HP.

Selain itu, Fortuner 2.8 GR Sport turut menyematkan teknologi VNT (Variable Nozzle Turbo) Intercooler (1GD-FTV). Sebuah terobosan canggih guna memastikan efisiensi bahan bakar tanpa mengurangi performa mesin kendaraan. Sehingga mobil tetap gesit, responsif dan irit.

Interior yang Super Keren

Jika kita bandingkan dengan versi sebelumnya, spesifikasi Fortuner 2.8 GR Sport dari segi interior memang paling unggul. Ini berkat New Sporty Interior Design dengan kombinasi tone warna hitam untuk menciptakan aura premium.  

Di dalamnya menyuguhkan kabin luas serta berbagai fitur hiburan kekinian. Salah satunya Advanced 9 Inch Head Unit Display yang telah terintegrasi ke smartphone hingga voice command. Selain itu, ada juga Power Seat Adjuster serta New Wireless Charger yang akan semakin menunjang kenyamanan sekaligus kemudahan.

Fitur Keamanan Canggih

Spek Fortuner GR Sport memang tidak perlu kita ragukan fitur keamanannya. Mobil ini telah didukung sistem keamanan canggih untuk menghadapi beragam medan. Sebut saja rem ABS+EBD+BA, 7-airbags, Traction Control, VSC, TSC dan yang paling menarik perhatian adalah DAC. Sebuah sistem yang menjaga laju mobil agar tidak tergelincir di turunan atau medan licin.  

Toyota GS Sport vs Pajero Sport

Seperti telah tertera sebelumnya, spesifikasi Fortuner 2.8 GR Sport sempat menggeser pesona Pajero Sport sebagai kompetitor terkuat. Ini kerap menjadi topik menarik di kalangan pecinta otomotif untuk membandingkan keduanya.

Secara garis besar, performa mesin Fortuner memang lebih unggul dari Pajero. Namun mengingat kubikasi mesin yang lebih besar, tentu saja penggunaan bahan bakar Fortuner memang terbilang boros daripada Pajero. Selain itu, harga Fortuner cenderung tinggi yakni Rp 700 juta dibandingkan Pajero Sport yang hanya Rp 500 jutaan.

Ini sebanding dengan spesifikasi Fortuner 2.8 GR Sport yang memang lebih mumpuni. Tentunya pemilihan antara kedua brand tersebut tergantung pada kebutuhan masing-masing pengguna. Jika ingin memiliki kendaraan berperforma gahar, maka Fortuner adalah opsi terbaik. Sementara jika ingin mobil tangguh yang irit , Pajero sudah sangat lumayan.