Toyota Corolla Cross Vs. Kompetitor, Alasan Toyota Lebih Unggul

Posted on

Sebagai perusahaan otomotif terkemuka di Indonesia, Toyota selalu berinovasi dalam memperkenalkan mobil-mobil terbaru mereka. Salah satu produk terbaru yang mencuri perhatian adalah Toyota Corolla Cross yang pertama kali diluncurkan pada 6 Agustus 2020.

Toyota Corolla Cross Vs. Kompetitor, Alasan Toyota Lebih Unggul
flickr.com

Keunggulan Toyota Corolla Cross Vs Kompetitor

Toyota Corolla yang diklasifikasikan sebagai urban sport utility vehicle (SUV), mendapat sambutan positif dari penggemar otomotif dan para pengamat. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat SUV ini menawarkan berbagai fitur terkini, termasuk teknologi penggerak hibrida yang canggih.

Keberadaan Toyota Corolla versi SUV telah menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang semakin maju, memberikan konsumen pilihan yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan mereka.

Corolla Cross sebagai SUV baru, telah dirancang dengan fokus pada kenyamanan, keamanan, dan kinerja yang tinggi untuk pelanggan. Jika kita melihat spesifikasinya, mobil ini memiliki perbedaan dengan pesaingnya, seperti Honda HR-V Prestige dan Mazda CX-30, yang sedang populer di pasar otomotif Tanah Air.

Mari kita bahas perbandingan Corolla Cross dengan para pesaingnya:

Dimensi

  • Toyota Corolla Cross memiliki dimensi dengan wheelbase 2.640 mm, panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm.
  • Mazda CX-30 memiliki wheelbase hingga 2.655 mm, panjang 4.395 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.540 mm.
  • Honda HR-V Prestige memiliki wheelbase 2.610 mm, panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm, dan tinggi 1.580 mm.

Secara keseluruhan, Corolla Cross memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan dengan kedua pesaing terdekatnya. Lebih panjang 116 mm, lebih lebar 53 mm, dan lebih tinggi 40 mm daripada HR-V. Dibandingkan dengan CX-30, dimensi Corolla Cross lebih panjang 65 mm, lebih lebar 30 mm, dan lebih tinggi 80 mm.

Mesin

  • Corolla Cross menggunakan mesin bensin 1.800 cc 4 silinder 2ZR-FBE yang menghasilkan 140 PS tenaga dengan torsi 175 Nm melalui transmisi CVT.
  • Mazda CX-30 memiliki mesin 1.998 cc yang menghasilkan 153 PS tenaga dengan torsi puncak 200 Nm melalui transmisi otomatis 6 percepatan.
  • Honda HR-V Prestige memakai mesin 1.799 cc 4 silinder yang menghasilkan 139 PS tenaga dengan torsi 169 Nm melalui transmisi CVT yang sama dengan Corolla Cross.

Secara performa mesin, Mazda CX-30 terlihat lebih unggul karena memiliki kapasitas mesin yang lebih besar. Meskipun begitu, mesin Corolla Cross tidak kalah dengan 1 PS lebih sedikit dan hanya 6 Nm torsi lebih rendah dibandingkan dengan Honda HR-V Prestige.

Harga

  • Toyota Corolla Cross dijual dengan harga sekitar 989.000 bath atau setara dengan Rp 455,2 juta.
  • Mazda CX-30, yang dijual oleh PT Eurokars Motor Indonesia, dibanderol dengan harga Rp 478,8 juta untuk tipe touring dan Rp 522,8 juta untuk tipe tinggi.
  • Honda HR-V tipe Prestige saat ini dijual oleh PT Honda Prospect Motor dengan harga Rp 415,7 juta.

Harga mobil ini sudah disesuaikan dengan keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Nah, melihat dari rangkaian perbandingan ini, Corolla Cross menonjol dengan dimensi yang lebih besar dan mesin yang kuat. Selain itu, harga mobil Toyota ini juga kompetitif. Meskipun begitu, model SUV baru Toyota ini disambut baik oleh kompetitor maupun konsumen. Hal tersebut mengakibatkan peningkatan permintaan untuk mobil ini di pasar otomotif.

Dengan segala keunggulan yang dimilikinya, Toyota Corolla Cross tentu bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang sedang mencari SUV idaman.